Sabtu, 27 Oktober 2018

Penjelasan mengenai tentang SEO (Search Engine Optimization)


SEO (Search Engine Optimization)

Apa itu SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah semua hal yang berhubungan dengan optimasi pada mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain dari sebuah website, baik itu website yang berbentuk blog, toko online, portal berita dan macam-macam lainnya. SEO dapat dikatakan sebagai bagian dari pemasaran mesin pencari. SEO juga dapat disebut sebagai “copywriting”, hal ini dikarenakan sebagian besar teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs di mesin pencari atau search engine adalah mengunakan tulisan sebagai konten dasarnya. Dibawah ini dijelaskan 3 alasan mengapa teknik SEO itu diperlukan :
  1. Pada dasarnya SEO adalah suatu teknik untuk merancang dan mengembangkan sebuah situs web agar web tersebut dapat menempati peringkat teratas dalam pencarian hasil mesin pencari.
  2. Apabila web tersebut menempati peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll, maka traffic visitor atau lalu lintas pengunjung dari web tersebut akan mengalami peningkatan.
  3. Web berada di peringakat teratas hasil mesin pencarian seperti google dan visitor web mengalami peningkatan dan keuntungan nya adalah apabila web tersebut merupakan web toko online maka dapat meningkatkan penjualan dari toko online tersebut. Selanjutnya apabila web tersebut berupa blog atau portal berita maka dapat menigkatkan penghasilan dari pemilik web tersebut sebagai publisher.

Manfaat SEO

SEO sebenar nya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website Anda. Berikut adalah beberapa manfaat SEO.
  • Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci
  • Pelanggan terus berdatangan ke website
  • Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan Anda sebagai publisher
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  • Bisnis di dalam website menjadi berkembang
  • Penjualan produk akan semakin meningkat
  • Adanya timbal balik ke website affiliate produk
Tujuan SEO
  • Tujuan paling mendasar dari SEO tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
  • Tujuan lainnya, mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, ketika tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan mendapatkan yang namanya traffic
  • Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
  • Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, logikanya akan rela berdiam lebih lama di situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  • Meningkatkan konversi, jika Anda adalah seorang penjual, maka SEO dapat mendatangkan konversi yang lebih baik.
  • Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang akan lebih mudah ingat dengan situs Anda.

Cara Kerja SEO

1.     Crawling
Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
2.     Indexing
Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
3.     Processing
Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.
4.     Calculating Relevancy
Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
5.     Retrieving Result
Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.
Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.
Itulah beberapa hal yang bisa dipelajari tentang SEO. Website dengan domain dan hosting yang bagus juga dapat mempengaruhi SEO. Untuk itu, Anda dapat mendaftarkan website bisnis hanya di Idwebhost untuk menemukan paket hosting dan domain yang tepat. Di sana Anda dapat memperoleh berbagai fitur menarik yang dapat menunjang kesuksesan website Anda.
Jenis-jenis SEO   
1.     SEO On Page
SEO On Page adalah rangkaian upaya optimasi yang dilakukan di situs Anda sendiri agar halaman-halaman yang ada memenuhi kriteria SEO yang baik. Optimasi jenis ini termasuk optimasi yang paling mudah dilakukan dan bahkan sudah jadi ritual rutin bagi para blogger.
Teknik SEO On Page dapat dilakukan dengan cara menyisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian situs Anda. Misalnya:
  • Judul situs atau judul artikel
  • Deskripsi atau Meta Deskripsi di halaman utama dan juga artikel
  • Isi situs atau artikel
  • Kategori
  • Permalink atau URL
  • Heading
  • Image dan image ALT
2.     SEO Off Page
SEO Off page juga sama, ia juga merupakan rangkaian proses optimasi, tetapi dilakukan di luar dari situs Anda namun merupakan bagian dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs Anda. Dalam hal ini kita akan lebih banyak membicarakan soal backlink atau tautan balik.
Teknik ini dilakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Gunanya apa? Gunanya untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.
Setiap saat metode SEO Off Page berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink sudah tidak penting lagi. Namun saya pribadi berpendapat, backlinktetaplah penting dan menentukan selama diterapkan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh praktisi SEO.
  • Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain
  • Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya)
  • Forum signature (kaskus, forum detik, forum kompas)
  • Social bookmark
  • Komentar blog dengan cara mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar serta tautan.
  • Guest post
Hanya saja tentu mencari backlink tidak boleh sembarangan, baca di sini beberapa kriteria backlink yang dibenci oleh Google. Pembahasan ini juga dapat membantu Anda mengenal SEO yang baik seperti apa.
Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu SEO, tujuan dan juga jenis-jenis optimasinya. Masih ada banyak hal yang diperlukan untuk mempelajari SEO, di lain waktu kita akan kembali bahas.
Kelebihan SEO
1.      Meningkatkan trafik pengunjung pada sebuah website
2.      Biaya yang cukup lumayan
3.      Banyaknya software pendukung untuk memaksimalkan seo
4.      Kemudahan memantau trafik pengunjung
5.      Mudah dikenal
Kekurangan SEO
1.     Terlalu banyak menghabiskan
2.      Masih ketergantungan dengan search engine
3.     Persaingan sangat tinggi dan ketat
4.     Harus selalu mengikuti perkembangan sistem kerja dan algoritma seacrh engine



Daftar Pustaka :
1.      https://ridho.id/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-seo/201/
3.      http://idprogrammer.com/kelebihan-dan-kekurangan-seo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar