1. 1. visibility
Pengertian Visibility adalah tampilan grafik dari scene game
pada komputer. Yaitu, bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan
berkualitas sehingga user dapat menikmati game tersebut. Game bertipe ini
menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
a) 3 Dimensi object/model
Merupakan model/object 3D yang
nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti
senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa
dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
b) 2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam
membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang
seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk
speedometer pada game racing.
2. Level of Detail
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.
Meskipun sebagian besar waktu LOD
diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan.
Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol
kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan
untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan
kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk
mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh
mendasari algoritma LOD-ing.
Contoh
Game yang meiliki StoryBoard dan Level dengan desain antarmuka game terdapat beberapa elemen-elemennya
·
Diner Dash
Gameplay melibatkan pelanggan duduk dan
membimbing Flo sekitar restoran untuk melayani pelanggan. Jika cukup uang
diperoleh setelah setiap tingkat, permainan berkembang ke yang berikutnya.
Ketika permainan berlangsung Flo update restoran bobrok ia mulai dengan dan
membangun tiga restoran lanjut, yang memberikan pengaturan baru.
Gameplay pusat sekitar melayani
pelanggan dalam batas waktu untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Flo dapat
dipindahkan sekitar restoran untuk menyelesaikan tugas. Sebagai pelanggan tiba
di restoran, pemain harus drag dan drop mereka ke meja, di mana mereka duduk
dan membaca menu. Kemudian pemain harus membimbing Flo ke meja untuk mengambil
pesanan mereka, yang harus diambil untuk menetas layanan. Setelah koki telah
menyiapkan makan, Flo harus memberikan makanan. Ketika pelanggan selesai makan
mereka harus mengambil cek, di titik mana pelanggan meninggalkan tip dan piring
mereka di atas meja, berangkat restoran. Piring harus dibersihkan oleh Flo
sebelum set berikutnya pelanggan dapat menggunakan meja. Setiap tindakan yang
berhasil mendapatkan poin pemain, melakukan tindakan yang sama beberapa kali
berturut-turut memperoleh pemain bonus rantai, yang rusak sekali tindakan yang
berbeda dilakukan.
Pelanggan memiliki serangkaian hati
di atas kepala mereka yang menunjukkan suasana hati mereka. Semakin lama
pelanggan dipaksa untuk menunggu, hati semakin ia kehilangan. Setiap jenis
pelanggan memiliki derajat yang berbeda kesabaran dan kebiasaan tipping. Flo
dapat melakukan berbagai tindakan, seperti berbicara dengan pelanggan atau
melayani mereka minuman, untuk menghidupkan kembali ini hati. Ketika pelanggan
kehilangan semua hati mereka, mereka meninggalkan restoran, biaya poin pemain.
Tujuan dari tingkat adalah mendapatkan sejumlah poin. Ada juga total poin ahli
untuk pemain canggih untuk mencapai.
Permainan ini memiliki dua mode: modus Karir, yang mengikuti kisah
Flo, dan Shift Endless, mode bertahan hidup di mana pemain harus bertahan
selama mungkin di tingkat satu. Dalam variasi Memasak Dash, pemain benar-benar
mempersiapkan makanan yang bertentangan dengan membawa perintah untuk koki
baginya untuk mempersiapkan itu.
GAME
BERBASIS JARINGAN KOMPUTER DESKTOP DAN MOBILE
1. GAME
BERBASIS DESKTOP
Game
desktop merupakan aplikasi yang dioperasikan dengan cara menginstalnya terlebih
dulu di sistem operasi. Sesuai namanya, aplikasi ini mengacu pada program yang
diinstal pada perangkat desktop (PC dan laptop)mampu beroperasi secara offline,
tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer.
Ciri-ciri
Game desktop adalah sebagai berikut.
a) Game desktop berjalan secara mandiri dengan cara menginstal terlebih
dulu.
b)
Akses
game desktop pada umumnya tidak memerlukan koneksi internet karena aplikasi
sudah terinstal sebelumnya.
c)
Aplikasi
desktop tidak bisa dengan mudah diakses di berbagai perangkat. Misalnya,
komputer A telah terpasang aplikasi desktop X. Ketika kita membuka komputer B,
kita tidak bisa membuka aplikasi desktop X karena belum terinstal. Agar bisa
digunakan, tentu harus menginstal aplikasi X tersebut.
d)
Aplikasi
desktop sangat bergantung pada spesifikasi komputer yang menjalankannya.
Beberapa aplikasi desktop dengan kemampuan dan fitur tinggi umumnya membutuhkan
spesifikasi yang tinggi juga.
e) Aplikasi desktop umumnya memiliki lisensi dan belum tentu mendukung
semua sistem operasi. Misalnya, satu aplikasi hanya bisa dibuka di OS Windows,
maka aplikasi tersebut tidak bisa dibuka di sistem operasi lainnya. Beda
cerita, jika pengembang aplikasi tersebut kemudian mengembangkan aplikasi
yang mendukung semua sistem operasi.
2. GAME
BERBASIS JARINGAN MOBILE
perkembangan selanjutnya, ketika perangkat
smartphone populer, maka berkembang pula aplikasi ke arah baru, yakni aplikasi
berbasis mobile. Aplikasi berbasis mobile ini sedikit berbeda dengan aplikasi
web.
Aplikasi
berbasis mobile umumnya ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone.
Karena bentuk smartphone yang lebih kecil daripada desktop, maka otomatis
tampilan pada aplikasi mobile disesuaikan dengan kebutuhan dengan pengguna
smartphone. Karena itu, pengembangan aplikasinya juga berbeda.
a)
Aplikasi berbasis mobile web
Aplikasi berbasis mobile web umumnya
adalah tampilan aplikasi web dalam bentuk mobile. Jadi, untuk menggunakan
aplikasi ini, pengguna cukup mengakses web browser di perangkat smartphone.
Sebelum era mobile populer, dulu
banyak situs yang jika tampil di perangkat mobile akan tampil seperti tampilan
web di desktop. Namun, kini sudah banyak aplikasi berbasis web yang bisa
menyesuaikan sendiri tampilan web tergantung perangkat yang digunakan. Hal ini
biasa disebut sebagai tampilan situs mobile friendly.
b)
Native apps
Native apps adalah istilah untuk
aplikasi mobile yang fungsinya sedikit mirip dengan aplikasi desktop, yakni
pengguna perlu menginstal terlebih dulu aplikasi tersebut sebelum
menggunakannya.
Native apps ini biasanya diedarkan
atau didistribusikan di toko aplikasi semacam Google Play untuk Android atau
Apple Store untuk iOS. Untuk menggunakan aplikasi in, ada proses persetujuan
penggunaan aplikasi. Misalnya, memperbolehkan aplikasi untuk mengakses fungsi
tertentu di smartphone. Bahkan ada aplikasi yang meminta izin untuk
memperbolehkan akses membaca data kontak telepon dan identitas perangkat
(device id).
SUMBER:
http://nurrohimah27.blogspot.co.id/2017/05/penampilan-grafik-scene-game-komputer_24.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar