Teknologi Game
Perkembangan Teknologi Game
I.
Teknologi Game Generasi Pertama
(1952-1975)
Teknologi Game pertama kali diciptakan oleh A.S.
Dougles tahun 1952 di University of Cambridge yaitu OXO untuk mendemonstrasikan
tesisnya mengenai interaksi antara computer dan manusia setelah itu Douglas
menciptakan game Tic-Tac-Toe yang diprogram pada computer EDSAC.
Pada tahun 1961 , Steve Russel membuat gane yang
bernama Spacewar dimana dalam pembuatannya menggunakan computer mainframe MIT
PDP-1. Komputer tersebut biasanya ia gunakan untuk pekerjaannya yang biasanya
dipakai untuk perhitungan statistic.
Pada tahun 1972 untuk pertama kalinya game dibuat
untuk pasar rumahan. Produsen Magnavox membuat game Magnavox Odyssey yang
dihubungkan ke televisi. Pada tahun 1975 game tersebut tidak dilanjutkan
produksinya dan digantikan dengan Odyssey 100 , mesin khusu game Pong yang
menggunakan mikroprosesor berbasis konsol.
II.
Teknologi Game Generasi Kedua
(1976-1983)
Merupakan generasi dimana konsol game 4-8 bit muncul
pertama kalinya. Pada generasi ini banyak produsen game konsol bermunculan
yaitu Fairchild Channel F, Magnavox Odyssey versi 2, Attari 2600, dan Attari
5200. Sehingga perkembangan dunia gamemenjadi semakin pesat. Pada generasiini
banyak game yang bermunculan seperti game Arcade 3D pertama keluaran Atari
yaitu Battlezone, Pac-Man keluaran Namco, Game & Watch seri video
game-handheld keluaran Nintendo, dan juga APF yang mengeluarkan Imagination
Machine yang merupakan add-on komputer untuk video game rumahan APF MP-100.
Pada tahun 1983 ketenaran video game menurun
disebabkan kurang kreatifnya para pembuat game dan banyak yang beralih ke
Personal Computer (PC) yang semakin canggih.
III.
Teknologi Game Generasi Ketiga
(1983-1986)
Pada generasi ini muncul sebuah gebrakan baru dari
FAMICOM/Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis tahun 1983. Produsen
asal Jepang tersebut mampu membuat game yang menampilkan gambar dan animasi
resolusi tinggi salah satunya yaitu game legendaris yang masih banyak digemari
pada zaman sekarang yaitu Super Mario.
IV.
Teknologi Game Generasi Keempat
(1988-1993)
Merupakan generasi dengan konsol game 16 bit. Pada
tahun 1988, SEGA merilis konsol terbaru yaitu Sega Mega Drive dan pada tahun
1990, Nintendo mengeluarkan konsol SNES (Super Nintendo Entertainment System)
dan terdapat juga konsol seperti NEC dan SNK.
Pada tahun 1991 SEGA mengeluarkan game yang mampu
menyaingi Super Mario buatan Nintendo yaitu Sonic the Hedgehognya karena
kualitas yang jauh lebih baik.
V.
Teknologi Game Generasi Kelima
(1994-1999)
Pada tahun 1994 ATARI mengeluarkan konsol game yang
bernama Atari Jaguar yang ingin mengalahkan popularitas SNES yang dikeluarkan
oleh Nintendo dan Mega Drive yang dikeluarkan oleh SEGA.
Pada generasi ini juga muncul sebuah konsol game 32
bit yang sangat laris di pasaran yang berbasis CD yaitu Playstation (PS) yang
dirilis oleh SONY. Plyastation merupakan konsol game pertama yang dikeluarkan
oleh SONY oleh sebab itu sering disebut juga dengan PS1. PS1 membuat Atari
Jaguar, SNES dan Mega Drive tenggelam. Nintendo akhirnya mengeluarkan Nintendo
64 supaya mampu menyaingi PS1.
VI.
Teknologi Game Generasi Keenam
(2000-sekarang)
Pada generasi ini SONY masih menguasi konsol game,
mulai dari PS2 , PS3 sampai PS4 teta menjadi nomor 1 di hati para pencinta game
konsol. Microsoft mencoba untuk membuat persaingan dengan SONY dimana Microsoft
mengeluarkan konsol game yaitu XBOX.
Implementasi Komputer Grafik Dalam
Game
Banyak Teknik yang digunakan dalam pembuatan game
supaya game tersebut terlihat bagus dan ketika dimainkan tidak terasa
membosankan. Pada creator game pasti memikirkan bagaimana tampilan game yang
akan dibuatnya menjadi lebih menarik lagi. Salah satu teknik yang digunakan
adalah pencahayaan. Banyak sekali teknik pencahayaan yang ada , yaitu Ambient
Light, Directional Light , Positional Light, Point Light, Spotlight dan Area
Light. Teknik pencahayaan sangat penting sekali , karena berperan bagaimana
tampilan objek terlihat terang / gelap atau samar-samar. Setiap scene dalam
game pasti memiliki pencahayaan yang berbeda-beda.
Saya akan membahas salah satu dari teknik pencahayaan
yaitu Ambient Light. Ambient Light merupakan teknik pencahayaan yang akan
memancarkan cahaya secara keseluruhan (cahaya lingkungan) dengan intensitas
yang diterima oleh semua permukaan benda adalah sama.
Saya akan memberikan contoh dari teknik ambient light
pada game mobile yaitu Street Racing 3D , game ber genre racing yang dapat di
download pada Playstore.
Pada gambar diatas tampak jelas sekali bahwa cahaya
memancar kesemua arah dan setiap permukaan benda yang ada didalam gambar
tersebut menerima intensitas cahaya yang sama pula. Oleh sebab itu teknik
ambient light sangat cocok sekali untuk diterapkan pada game yang memiliki
tampilan game yang luas tanpa membedakan intensitas cahaya yang diterima oleh
setiap benda
3. Bisnis Dalam
Game Komputer
Saat ini , game mengalami perkembangan yang sangat
pesat. Banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Salah satunya adalah
platform yang digunakan untuk bermain game , dahulu bermain game hanya bisa
dilakukan menggunakan game konsol saja , tentu bagi sebagian orang hal mudah
untuk diwujudkan dan bagi sebagian orang sulit untuk diwujudkan karena harga
konsol game yang tidak murah.
Namun pada saat ini bermain game tidak hanya dilakukan
melalu konsol saja , melainkan bisa di Smartphone dan juga Personal Computer
yang harganya bisa lebih murah dari konsol game seperti Playstation , Xbox dan
Nintendo Switch. Melihat hal ini , banyak produsen game bermunculan yang ingin
meramaikan perkembangan dunia game.
Tidak salah kalo bisnis ini bisa dibilang bisnis
sangat menjanjikan , karena game bisa dimainkan oleh siapapun , kapanpun dan tidak
harus menggunakan konsol. Game bisa dimainkan di smartphone yang mudah dibawa
kemana saja.
Berikut ini merupakan produsen game dengan produk
gamenya yang terkenal. Rockstargames dengan Grand Theft Auto V (GTA V) ,
Ubisoft Montreal dengan Far Cry Primal , Konami dengan Pro Evolution Soccer
(PES) , Electronic Arts dengan banyak game nya yang terkenal dan masih banyak
lagi produsen game yang terkenal , baik itu untuk PC , konsol game maupun
smartphone.
4. Software
Pembuatan Game Komputer
3D Engine dan Scene Graph (Ogre 3D,
Unity 3D, OpenSceneGraph, Delta 3D)
Ogre 3D
Ogre 3D merupakan engine
untuk rendering grafikal yang Open Source. Ogre 3D tidak menyertakan komponen
built-in seperti physics, penanganan input user dan kercedasan buatan
(Artificial Intellegence). Ogre ini bersifat hanya sebagai plug-in yang ditanam
umum menambahkan library-nya yang merupakan sebagai mesin render yang tangguh
dan banyak orang bilang ini sebagai game engine. Berdasarkan FAQ(Frequently
Asked Quetion) dari Ogre 3D wiki, Ogre sebenarnya bukan Game Engine tetapi
hanya merupakan Graphic Engine, Ogre 3D hanya fokus pada grafis 3D dan
manipulasi adegan 3D. Ogre 3D digambarkan seperti OpenGL atau DirectX.
Delta 3D
Delta 3D adalah sebuah
simulasi game engine yan telah banyak digunakan dan didukung oleh berbagai open
source game. Delta 3D merupakan game engine yang mendukung berbagai jenis
kebutuhan termasuk latihan, pendidikan, visualisasi dan hiburan. Delta 3D ini
sangat unik karena menawarkan fitur khusus cocok untuk pemodelan dan simulasi
dan masyarakat DoD seperti High Level Architecture (HLA), After Action Review
(AAR), dukungan daerah skala besar dan SCORM Learning Management System (LMS)
integration. Delta 3D adalah open source engine yang dapat digunakan untuk
permainan, simulasi, atau aplikasi grafis lainnya. Desain modular diperkuat
dengan fitur lainnya yang terkenal proyek Open Source seperti Open Scene, Open
Dynamics Engine, Character Animation Library dan OpenAL.
Unity
Game yang sering kita mainkan saat ini membutuhkan
proses yang rumit dalam pembuatannya , maka dibutuhkan sebuaf software yang
memudahkan para creator dalam membuat game. Banyak software yang digunakan
untuk membuat game , namun saya akan membahas salah satu dari software
pembuatan game yang terkenal yaitu Unity 3D.
Unity adalah cross-platform game engine yang
dikembangkan oleh Unity Technologies, yang mengutamakan untuk mengembangkan
tiga-dimensi dan dua-dimensi dalam video game dan simulasi untuk komputer,
konsol, dan perangkat mobile. Pertama kali diumumkan hanya untuk OS X di
Apple's Worldwide Developers Conference pada tahun 2005, dan telah diperluas
untuk 27 platform. Enam versi utama Unity telah dirilis.
Unity adalah game engine serbaguna yang mendukung
grafis 2D dan 3D, fungsi yg menggunakan drag dan drop dan scripting menggunakan
C#. Dua bahasa pemrograman lain didukung: Boo, yang dirilis dari Unity 5 dan
JavaScript yang memulai proses pada 2017 Agustus setelah rilis Unity pada
Januari 2017.
Target engine yang mendukung grafik API: Direct3D pada
Windows dan Xbox One; OpenGL pada Linux, macOS dan Windows; OpenGL ES pada
Android dan iOS; WebGL di web; dan API pada konsol game.
Selain itu, Unity mendukung tingkat rendah API Metal
pada iOS dan macOS dan Vulkan pada Android, Linux, dan Windows, serta Direct3D
12 pada Windows dan Xbox One.
Dalam game 2D, Unity memungkinkan impor sprite dan
renderer canggih 2D. Untuk game 3D, Unity memungkinkan spesifikasi tekstur
kompresi, mipmaps, dan resolusi pengaturan untuk setiap platform bahwa game
engine mendukung dan menyediakan dukungan untuk pemetaan bump, pemetaan
refleksi, pemetaan paralaks , screen space ambient occlusion (SSAO),
bayang-bayang dinamis menggunakan maps bayangan, render tekstur dan efek pasca
pemrosesan layar penuh. Unity juga menawarkan jasa untuk pengembang, yakni
adalah: Unity Ads, Unity Analytics, Unity Certification, Unity Cloud Build,
Unity Everyplay, Unity IAP, Unity Multiplayer, Unity Performance Reporting dan
Unity Collaborate.
Unity mendukung penciptaan kustom vertex, fragmen
(atau pixel), tesselation, menghitung shader dan Unity permukaan shaders
menggunakan Cg, sebuah versi modifikasi dari Microsoft High-Level Shading
Language.
Selain Unity 3D terdapat software lainnya untuk
membuat game , yaitu :
I.
OGRE (Object
Oriented Graphics Rendering Engine)
II.
Game Maker
III.
RPG Maker
Design Skenario , Script dan
Storyboard pada Game
Design skenario merupakan tampilan dan tata letak
button dan gambar pada game. Semakin bagus design suatu game maka semakin
banyak pula orang yang tertarik dengan game yang kita buat, karena design lah
yang pertama kali orang lihat.
Script merupakan pembuatan suatu game yang menggunakan
suatu bahasa pemrograman , contohnya adalah java. Ketika creator game membuat
game dan melakukan pengkodean (coding) maka ia sedang scripting
Storyboard adalah suatu sketsa gambar yang disusun
secara berurutan sesuai naskah cerita. Dengan storyboard maka pembuat cerita
dapat menyampaikan ide cerita secara lebih mudah kepada orang lain, karena
dengan storyboard maka pembuat cerita dapat membuat seseorang membayangkan
suatu cerita mengikuti gambar-gambar yang sudah tersaji, sehingga dapat
menghasilkan persepsi yang sama dengan ide cerita yang di buat. Storyboard juga
dapat di artikan sebagai naskah yang di sajikan dalam bentuk sketsa gambar yang
berurutan, berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita maupun pengambilan
gambar.
Penerapannya dalam aplikasi game impian saya : PETAK
BENTENG
Design Skenario:
Script:
Menggunakan java
Storyboard:
Pada game ini user akan
memilih tampilan menu awal terlebih dahulu. Ada menu 5v5 , 10v10 , Cara Bermain
dan juga Exit. Baik memilih menu 5v5 maupun 10v10 , ketika dipilih akan muncul
tingkat kesulitannya , dari Mudah, Sedang dan Susah.
Terdapat beberapa aturan permainan:
1. Setiap group memiliki tiang yang
berfungsi sebagai markas mereka
2. Setiap pemain yang paling baru memegang tiang nya
sendiri (biasa disebut dengan muda),
maka ia lah yang menang ketika beradu (menyentuhkan
tangannya ke badan musuh) dengan pemain lain yang memegang tiangnya lebih
lama (biasa disebut dengan tua).
3. Jika pemain yang lebih muda mengenai
pemain yang lebih tua , maka pemain yang lebih tua kalah dan harus berada di
tiang musuh.
4. Jika ingin membebaskan teman yang
berada di tiang musuh , maka harus menyentuh teman kita tersebut tanpa harus
terkena pemain musuh yang lebih muda dari kita.
5. Jika ingin menang , maka suatu group
harus mengenai tiang musuh tanpa harus terkena oleh pemain musuh yang lebih
muda dari kita.
6. Setiap group harus berusaha untuk
mengenai setiap musuhnya , lebih banyak musuh yang kena , maka akan lebih cepat
juga group tersebut untuk menang. Dan memiliki kesempatan yang besar untuk
menyentuh tiang mereka
Cara bermain :
1. User cukup menggunakan tombol
W,A,S,D,Shift,Spasi,Ctrl dan Klik kiri pada mouse
2. W untuk berjalan kedepan
3. A untuk berjalan ke kiri
4. D untuk berjalan ke kanan
5. S untuk berjalan mundur
6. W/A/S/D + Shift maka akan berlari
7. Ctrl untuk menunduk
8. Spasi untuk loncar
9. Klik kiri pada mouse untuk
mengulurkan tangan kita sebagai reaksi untuk menyentuh musuh / teman / tiang
musuh.
Intelligence pada game Artificial
Kecerdasan Buatan
atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam
konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial didefinisikan sebagai kecerdasan
entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya diangap komputer, Kecerdasan
diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin (komputer). Agar dapat melakuan
pekerjaan seperti apa yang dilakukan manusia. Beberapa macam bidang menggunakan
kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, logika fuzzy,
jaringan syaraf tiruan dan robotika. Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk
kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti
contoh : mentranformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan interal, membuat
permaian catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia
kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk
direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh : Pengenalan obyek/muka,
bermain sepak bola. Walaupun AI memilii konotasi fisik ilmiah yang kuat, AI
membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan
prilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin.
Menerapkan Kecerdasan Buatan Dalam Game
Di dunia
akademis, bidang kecerdasan buatan dipelajari secara serius untuk meningkatkan
kualitas hidup manusia. Para peneliti dan mahasiswa terus menerus mengembangkan
teknik-teknik pada bidang ini untuk menghasilkan mesin yang semakin mengerti
dan memahami kebutuhan manusia, dalam game berbasis kecerdasan buatan, ada
banyak teknik yang diadaptasi dari bidang kecerdasan buatan untuk diterapkan
pada game. Beberapa diantaranya, yaitu:
·
Mengejar dan Menghindar
·
Pola Pergerakan
·
Pathfinding
·
Jaringan Syaraf Tiruan dan
·
Algoritma Genesis
Decision Making Game
Decision Making yaitu suatu pemecahan masalah dan pengambilan
keputusan. Decision Making Game merupakan suatu pemecahan masalah dalam
pembuatan permainan dan menentukan solusi dari suatu masalah tersebut.
Pathfinding
Pathfinding dalam deskripsi adalah
pencarian rute/jalur dari suatu arena yang pada umumnya memiliki
penghalang-penghalang dari arena tersebut. adapun penghalang dapat berupa
tembok, sungai dsb. Goal dari Pathfinding ini pada umumnya adalah untuk mencari
jalur paling efisien dengan sebisa mungkin menghindari penghalang yang
ada.pathfinding dapat diterapkan misalnya dalam membuat AI dari suatu game,
misalnya agar AI tersebut dapat mengejar musuh secara efisien dan tanpa
menabrak tembok atau penghalang lain.
Weypoint Pada Game
Waypoint adalah titic
acuan/kumpulan koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi untuk
mengidentifikasi sebuah titik di peta. Koordinat-koordinat itu biasanya
menyertakan longitude, latitude dan kadang altitude untuk keperluan navigasi
udara. Waypoint digunakan di berbagai navigasi yang tidak memiliki jalur yang
tampak seperti navigasi di udara dan nvigasi di laut, juga navigasi di darat
yang tidak memiliki jalur yang jelas. Waypoint ada 2 macam, yaitu:
- · Waypoint fly by dan
- · Waypoint fly over
Referensi:
http://hanifarazanadini.blogspot.co.id/2016/03/teknologi-game-teknologi-dalam-arti-ini.html
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/04/mengenal-lebih-jauh-game-engine-ogre-3d.html
http://achmadmuhaymin.blogspot.co.id/2017/03/ai-decision-making-path-finding.html
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/04/mengenal-lebih-jauh-game-engine-ogre-3d.html
http://achmadmuhaymin.blogspot.co.id/2017/03/ai-decision-making-path-finding.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar